Tiga Komposisi Warana Foto

Kecuali foto kita semuanya hitam-putih, warna adalah salah satu komponen penting dalam foto. Karena memainkan pernanan penting, kita juga sebaiknya paham beberapa pengaruh warna terhadapkomposisi foto secara keseluruhan.

Burano tribute (6) - Living among the colors

Secara visual, masing-masing warna memiliki makna dan pesan yang merangsang orang yang melihat. Bahkan warna bendera merah-putih juga memiliki makna dan pesan tersendiri, bukan?

Dalam artikel ini kita akan memahami makan warna-warna primer dan sekunder (karena saya juga belum terlalu paham tentang teori warna, saya sarikan dari beberapa buku teori warna) serta cara menerapkannya dalam komposisi foto anda.

 

  • Warna Primer: Merah-Biru-Kuning

Warna primer ada tiga: merah, biru dan kuning. Disebut warna primer karena memang elemen ketiga warna ini tidak didapat dari hasil pencampuran warna lain. Pemcampuran dua warna primer menghasilkan warna sekunder.

Merah dikenal memiliki makna hasrat dan kekuatan, warna cinta. Warna merah menstimulasi dan sifatnya exciting namun juga tegas. Lampu merah adalah penanda kalau kita mengerem kendaraan, lampu merah berarti stop.

Dari semua warna, warna biru yang memberi kontras terbesar terhadap warna merah karena biru memberi sifat menyerap. Biru adalah hamparan lautan luas, biru adalah langit tanpa batas dan biru biasanya bersifat kalem, tenang.

Kuning adalah cahaya. Warna kuning adalah riang, kreatif dan hangat.

Buranello Brollies

  • Warna Sekunder

Warna sekunder didapat dari pencampuran warna-warna primer. Campuran merah dan biru menghasilkan ungu, campuran warna biru dan kuning menghasilkan warna hijau sementara campuran merah dan kuning menghasilkan oranye.

Hijau adalah warna paling dominan di alam, memiliki makna kesegaran dan pembaharuan, kesuburan, pertumbuhan dan kelimpahan (abundance). Namun hijau juga memilik makna iri.

Oranye adalah satu-satunya warna yang sama dengan nama buah (orange = jeruk), dan karenanya warna oranye memiliki makna kesegaran. Oranye juga berarti api, kehangatan, matahari, kesehatan dan petualangan. Secara sifat, oranye mirip dengan merah dan kuning, mereka memiliki sifat mendorong.

Ungu memiliki makna hormat, menandakan kekayaan, keanggunan dan kepemimpinan. Ungu dan hijau memiliki sifat seperti biru: menyerap.

  • Roda Warna

Rodawarna

Roda warna seperti gambar diatas menunjukkan hubungan antara satu warna dan warna lainnya. Sebagai contoh, satu pasang warna yang letaknya saling berseberangan memiliki sifat komplementer (saling melengkapi). Saat diletakkan berdampingan kedua warna ini saling melengkapi sehingga kesannya makin kuat.

  • Penggunaan Dalam Komposisi Foto

2012-06-26-komp-wrn.jpg

Membuat foto yang diisi dengan warna dominan biru atau hijau membangkitkan perasaan damai. Atau kita bisa memberi tekanan dengan memainkan dua warna yang paling kontras, misalnya dengan memotret model berbaju yang memegang payung warna merah. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa mata kita tertarik pada subyek foto dengan warna paling terang, jadi jika memotret bunga warna kuning carilah background dengan warna-warna tenang misalnya hijau. Contoh foto diatas adalah foto yang memanfaatkan 2 warna komplementer dalam roda warna (merah dan hijau saling berseberangan dalam diagram roda warna).

By Muhammad Iqbal Maulana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s