Lima Telepon Seluler Hebat Alternatif iPhone 5

Apple iPhone 5 akhirnya muncul. Di satu sisi, telepon ini masih mengusung kelebihan yang terdapat di pendahulunya. Masih tampil dengan bentuk tipis, layar sentuh dengan tampilan intuitif, aplikasi yang banyak dan sinkronisasi mulus dengan beberapa layanan seperti iTunes dan iCloud. Kali ini dengan layar yang lebih besar.

Berikut ini 5 telepon seluler yang tidak hanya menjadi penantang iPhone 5, tapi juga dalam beberapa hal justru lebih mumpuni.

Jika Anda ingin layar yang mantap: Motorola Droid Razr HD
Untuk kali pertama dalam lima tahun sejarah iPhone, Apple memperbesar layar telepon genggamnya menjadi empat inci. Tampilan yang lebih tinggi (tidak lebih lebar) kini memberikan tampilan layar lebar yang sebenarnya saat dipegang membujur (dengan aspect ratio 16:9, seperti HDTV Anda, saat dipegang membujur).

Telepon genggam dengan layar empat inci tersebut masih menggunakan teknologi ‘Retina’ Apple. Tapi mereka yang mencari layar mengagumkan, mungkin dapat mempertimbangkan Moto Droid Razr HD yang dirilis pada 5 September lalu.

Dirilis pada musim gugur di Verizon, Droid ini menawarkan layar 4,7-inci 720p HD dengan resolusi 1.280×720 (layar iPhone 5 mempunyai resolusi 1.136×640). Layar HD Razr juga terbentang hingga sudut-sudutnya, dengan hanya sedikit bingkai di sekitarnya.

Seperti telepon genggam Razr sebelumnya, telepon genggam baru yang berukuran tinggi 131,9 mm, lebar 67,9 mm dan ketebalan 8.4 mm tersebut, unggul lewat bahan serat Kevlar yang tahan lama serta kaca Corning Gorilla.

Jika Anda ingin kamera yang kuat: Nokia Lumia 920
Baiklah, mari kita perjelas: Microsoft dan Nokia membuat kesalahan dengan menggunakan video promo palsu untuk menampilkan kemampuan fotografi dan perekaman video dari Lumia 920, sebuah generasi terbaru dari perangkat Windows Phone 8. Tapi jangan salah, telepon seluler dengan kamera yang luar biasa itu telah hadir pada 5 September di New York City.

Di atas kertas, perangkat itu tidak terlihat jauh berbeda dari kamera iSight milik iPhone, baik Nokia Lumia 920 dan iPhone 5 sama-sama memiliki kamera 8 megapixel yang mengagumkan (3264×2448 piksel) dengan autofocus dan flash LED.

Namun kamera PureView Lumia itu menawarkan kinerja yang luar biasa dalam kondisi minim cahaya  (mengambil cahaya hingga lima kali lebih banyak dari kamera smartphone lainnya), image stabilization optik (bukan digital) dan dukungan sejumlah filter, efek-efek khusus, dan hal-hal menyenangkan lainnya yang dapat Anda lakukan dengan foto Anda saat memotretnya (ataupun sesudahnya).

Dalam sebuah gelarannya, Nokia menunjukkan demo langsung dengan menghapus orang yang tidak diinginkan dalam foto yang kita ambil sehingga Anda dapat melihat latar belakang pemandangan yang tidak terhalang.

Jika Anda menginginkan baterai yang tahan lama: Samsung Galaxy S III
Apa gunanya memiliki telepon genggam yang dapat melakukan apapun, bila Anda sudah kehabisan baterai pada siang hari?

Semoga iPhone 5 akan memiliki baterai yang lebih baik (atau manajemen baterai yang lebih baik) daripada iPhone 4S, tetapi jika Anda menginginkan sebuah smartphone saat ini, yang benar-benar dapat bertahan sepanjang hari, berpalinglah ke Samsung Galaxy S III.

Apple mengatakan baterai iPhone 5 dapat bertahan dalam mode waktu siaga selama 225 jam dan 8 jam untuk waktu bicara (dalam mode komunikasi 3G) — sama seperti iPhone 4S. Namun sayangnya banyak yang mengatakan waktu bicara tidak selama itu, meskipun layar telah diredupkan, push mail dimatikan, serta GPS dan Bluetooth tidak diaktifkan.

Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy S III menawarkan 790 jam waktu siaga dan waktu bicara 11 jam  40 menit (dalam mode komunikasi 3G). Hebatnya lagi, itu menggunakan sistem operasi Android berlayar 4.8 inci, jaringan NFC (near field communication) dan konektivitas 4G LTE.

Oh, dan tidak seperti iPhone, baterai Galaxy S III yang memiliki daya sebesar 2.100 mAh dapat dilepas, untuk berjaga-jaga bagi pelancong yang ingin menyiapkan baterai cadangan.

Jika Anda menginginkan ponsel dengan suara yang hebat: HTC One  X
IPhone lahir dari iPod, dan dengan demikian musik adalah bagian terbesar dari warisan dan daya tariknya saat ini, termasuk integrasinya dengan iTunes. Tapi ada smartphone lain yang menjadi saingan iPhone dalam hal suara, seperti HTC One X.

Telepon genggam Android tersebut tampil menggebrak dengan teknologi pengolahan suara Beats Audio. Musik akan terdengar bagus ketika Anda sedang mendengarkan lagu seperti yang Anda unduh, sambil memindahkan data atau streaming ke smartphone. Anda juga bisa mengubah suara dengan berbagai pengaturan dan equalizer. (Untuk pilihan equalizer, cobalah profil Sweetener untuk pilihan rendah, sedang dan tinggi yang seimbang.)

Sebuah HTC yang eksklusif (HTC memiliki 51 persen dari Beats), teknologi Beats Audio terdengar mengagumkan bahkan ketika bermain game, menonton video atau mendengarkan buku audio atau podcast.

Yang lebih mengagumkan, bahkan panggilan telepon terdengar lebih keras dan jelas di HTC One X.

Jika Anda ingin smartphone yang kuat yang tidak mahal: Sony Xperia ion
Bukan rahasia lagi, Sony bermain di pasaran smartphone, yang merupakan jati dirinya, tapi jangan abaikan Xperia ion yang mengesankan sebagai telepon genggam Android yang kuat dan serba guna dengan harga setengah dari iPhone 5.

Telepon genggam LTE pertama dari Sony tersebut memberikan kecepatan jaringan komunikasi yang tinggi di pasaran smartphone. Layarnya 4,6 inci dan sangat jernih dan tidak seperti perangkat Apple, Anda dapat memperbesar kapasitas penyimpanan menggunakan microSD card sampai dengan 32GB.

Fitur lainnya yang mengesankan antara lain kamera 12 MP (dengan video 1080p dan modus panorama 3D), dengan baterai 1900 mAh atau sampai dengan 10 jam waktu bicara, serta aplikasi media eksklusif seperti Video Unlimited dan Music Unlimited dari Sony.

Prosesornya memang tidak sebanding dengan iPhone 5 dan sedikit mengecewakan dengan sistem operasi Android 2.3 (Gingerbread) yang ketinggalan zaman,  tapi setidaknya para pengguna Xperia ion dapat mengakses Google Play (sebelumnya Android Market), dan mengunduh lebih dari 500.000 aplikasi.

Sumber: http://id.yahoo.com/

By Muhammad Iqbal Maulana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s